Resume pengantar manajemen part 3 – Sejarah Perkembangan ilmu manajemen

Nama     =  Ayu Wulandari

Nim        =  1709622017

Pendidikan Administrasi Perkantoran Kelas A


Sejarah Perkembangan Ilmu Manajemen - Pedia Ilmu

 

Resume pengantar manajemen part 3 – Sejarah Perkembangan ilmu manajemen


Sebelum masehi orang orang sebenarnya sudah melakukan kegiatan manajemen . Pada dasarnya manajemen merupakan pengelola sumber daya untuk mencapai tujuan dalam organisasi secara efisien dan efektif . tetapi praktik manajemen jaman dahulu tidak berdasarkan kajian ilmiah atau berdasarkan kajian penelitian dengan perkembangan zaman para ahli menganggap manajemen itu suatu kegiatan yang bisa dikaji secara ilmiah oleh karena nya sekarang

Faktor lain yang mendasari gerakan manajemen
Dinamis = karena manajemen yang sekarang ini harus melakukan pendekatan pendekatan lalu terkait dengan lingkungan yang berubah secara dinamis maka harus terpaksa siapa pun orang yang terlibat di dalam manajemen ini harus mampu menyesuaikan diri dengan pendekatan pendekatan yang baru. Maka dari itu ilmu manajemen selalu dinamis.
Didalam manajemen itu kunci nya adalah keberhasilan ( keberhasilan itu terletak pada orang orang yang mau belajar tentang
    1.    Bagaimana menjadi seorang leaders
    2.    Inisiasi perubahan
    3.    Berpatisipasi dan menciptakan organisasi dengan jiwa manajer
Contoh = jika dua orang adu lari dengan jarak 100 meter satu orang berbobot 50 kilo satu orang berbobot 100 kilo. Kira kira siapa yang lebih cepat mencapai 100 meter tadi ? tentunya orang yang mempunyai bobot 50 kilo karena lebih ringan berbeda dengan yang berbobot 100 kilo tentunya akan berlari lebih lambat.
Sama hal nya dengan organisasi jika organisasi terlalu penuh akan sulit menyesuaikan dengan keadaan yang ada , tetapi jika organisasi nya ramping akan cepat sekali dalam berpatisipasi dengan perubahan perubahan maka dari itu organisasi harus dibuat seramping mungkin agar Ketika suatu saat terjadi perubahan eksternal atau organisasi ini secara otomatis mampu menyesuaikan lebih cepat dibandingkan organisasi gemuk dalam arti struktur nya terlalu kompleks.


Manajemen dan organisasi

    1.    Filosofi manajemen berbentuk organisasi berubah dari waktu ke waktu untuk memenuhi kebutuhan baru
    2.     Beberapa ide dan praktik dari masalalu masih relevan dan dapat diterapkan pada manajemen saat ini



Sejarah perkembangan ilmu manajemen

    1.    Pada saat konsep baru muncul di ilmu manajemen
    2.    Mengembangkan pemahaman kita terkait bagaimana dampak nya dengan sosial
    3.    Mencapai pemikiran strategis
    4.    Meningkat keterampilan konseptual
    5.    Tekanan tekanan berupa faktor sosial, politik, ekonomi, itulah mempengaruhi proses dari manajemen
Misal = Pandemi covid-19 yang dahulu nya kita tidak pernah tahu kapan akan selesai . dengan yang mau atau tidak mau kita harus menjaga jarak dan sebagai seorang pemimpin kita harus memperhatikan karyawan karyawan kita dengan kondisi seperti itu , yaitu dengan meliburkan beberapa karyawan agar lebih menjaga jarak satu dengan yang lain . dan tentunya ini merupakan sesuatu yang baru yang dahulu nya bekerja harus dating ke kantor tetapi sekarang bekerja bisa dari rumah


Kekuatan yang mempengaruhi organisasi dan manajemen

    1.      Pengaruh sosial – nilai, kebutuhan dan standar prilaku
    2.    Kekuatan politik – pengaruh lembaga politik, hukum masyarakat dan organisasi
    3.    Kekuatan ekonomi – kekuatan yang mempengaruhi ketersediaan, produksi dan distribusi sumber daya masyarakat diantara pengguna yang bersaing


Prespektif manajemen dari waktu ke waktu

Perspektif klasik

Rasional, pendekatan ilmiah untuk manajemen – membuat organisasi menjadi mesin operasi yang efisien
Manajemen ilmiah organisasi birokrasi prinsip prinsip administrasi
Manajemen Ilmiah – Taylor 1856-1915
1.    Mengatur cara kerja pegawai-pegawai bagian produksi
2.    Mengsleksi pegawai sesuai dengan kemampuannya
3.    Konsep bahwa memerlukan training
4.    Mulai ada perencanaan untuk melaksanakan bagaimana tahap-tahap kegiatan
5.    Muncul konsep bahwa upah merupakan komponen penting dalam menjalankan produktivitas kerja

-    Kontribusi
1.    Membuktikan bahwa kompensasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai
2.    Memulai studi yang cermat tentang tugas dan pekerjaan
3.    Desain manajemen mulai muncul penting nya sumber daya manusia
Mereka yang melakukan rekrut tim , pembagian tugas , planning , pengantar karir sampai dengan pensiunan pegawai

-    Kritik
1.    Tidak menghargai konteks sosial pekerjaan dan kebutuhan pekerja yang lebih tinggi
2.    Tidak mengakui perbedaan di antara individu
3.    Cenderung memganggap pekerjan sebagai orang yang kurang informasi dan mengabaikan ide-ide mereka


Birokrasi organisasi

-    Max wiber 1684-1920
Tujuannya adalah tidak mempersulit orang karena max weber ingin pekerjaan itu di lakukan dengan bertahap
-    Sebelum organisasi
1.    Karyawan eropa setia kepada satu individu daripada organisasi atau misi nya
2.    Sumber daya yang di gunakan untuk mewujudkan keinginan individu daripada tujuan organisasi
-    Pendekatan sistematis – melihat organisasi secara keseluruhan

organisasi birokrasi

1.    Pembagian kerja dengan Batasan wewenang dan tanggung jawab yang jelas
2.    Posisi yang di atur dalam hierarki otoritas
3.    Manajer tunduk pada aturan dan prosedur yang akan memastikan prilaku yang dapat di prediksi Kembali
4.    Manajemen terpisah dari kepemilikan organisasi
5.    Tindakan dan keputusan administratif dicatat secara tertulis
6.    Pribadi dipilih dan dipromosikan berdasarkan kualifikasi teknis

Prinsip organisasi

1.    Contributors : henri fayol, mary parker, and chester I.barnard
2.    Focus :
1.    Organisasi lebih penting daripada individu
2.    Menggambarkan fungsi manajemen dari planning, organizing, commanding, coordinating, dan controlling

14 general principles of management ( Henri fayol 1841-1925 )

1.    Division of labor
2.    Authority
3.    Discipline
4.    Unity of command
5.    Unity of direction
6.    Subordination of invidual interest
7.    Remuneration
8.    Scalar chain
9.    Order
10.    Equity
11.    Stability and tenure of staff
12.    Initiative
13.    Esprit de corps 



Mary Parker Follet 1868-1933

pentingnya tujuan super-ordinat bersama untuk mengurangi konflik dalam organisasi
1.    Populer di kalangan pebisnis saat ini
2.    Diabaikan oleh para sarjana manajemen
3.    Kontras dengan manajemen ilmiah
4.    Muncul kembali sebagaimana yang berlaku dalam menghadapi perubahan yang cepat di lingkungan global
Kepemimpinan - pentingnya orang vs teknik rekayasa
Etika - kekuasaan - pemberdayaan


Chester Barnard 1886 – 1961

Organisasi Informal
1. klik
2. Pengelompokan sosial yang terjadi secara alami
Teori Penerimaan Otoritas
1. Kehendak bebas
2. Dapat memilih untuk mengikuti perintah manajemen
Perspektif Humanistik
Menekankan pemahaman perilaku, kebutuhan, dan sikap manusia di tempat kerja
1. Gerakan hubungan manusia
2. Perspektif sumber daya manusia
3. Pendekatan ilmu perilaku

Gerakan hubungan manusia
Menekankan pemenuhan kebutuhan dasar karyawan sebagai kunci peningkatan produktivitas pekerja

Hawthorne Studies

1.    Ten year study
2.    Four experimental & three control groups
3.    Five different tests
4.    Test pointed to factors other than illumination for productivity
5.    1st relay assembly test room experiment, was controversial, test lasted 6 years
6.    Interpretation, money not cause of increased output

Perspektif sumber daya manusia

Menyarankan pekerjaan harus dirancang untuk memenuhi kebutuhan tingkat yang lebih tinggi dengan memungkinkan pekerja untuk menggunakan potensi penuh mereka


Douglas Mcgregor Theory X & Y  1906 – 1964

Theory X Assumptions
1.    Tidak menyukai pekerjaan -akan menghindarinya
2.    Harus dipaksa, dikendalikan, diarahkan, atau diancam dengan hukuman
3.    Lebih menyukai arahan, menghindari tanggung jawab, sedikit ambisi, menginginkan keamanan

Theory Y Assumptions
1. Jangan membenci pekerjaan
2. Arahan diri dan pengendalian diri
3. Carilah tanggung jawab
4. Imajinasi, kreativitas, tersebar luas
5. Potensi intelektual hanya dimanfaatkan Sebagian

Pendekatan ilmu perilaku

1. Menerapkan ilmu sosial dalam konteks organisasi
2. Berangkat dari ilmu ekonomi, psikologi, sosiologi, antropologi, dan disiplin ilmu lainnya
- memahami perilaku dan interaksi karyawan dalam lingkungan organisasi

Management science perspective

1.    Emerged after WW II
2.    Applied mathematics , statistics , and other quantitative techniques to managerial problems
- Operations research – mathematical modelling
- Operations management – specializes in physical production of goods or services

Tren sejarah baru-baru ini

1. Teori sistem
2. Tampilan kontingensi
3. Manajemen kualitas total

Sumber : https://youtu.be/Cq0zGCul9WU

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Pengantar Manajemen Part 5 - Apa, Mengapa, Dan bagaimana fungsi Organizing dalam Manajemen

Cara membuat nasi goreng yang enak dan simple