Resume Pengantar Manajemen Part 2 – Manajemen di era Perubahan Drastis
Nama = Ayu Wulandari
Nim = 1709622017
Pendidikan Administrasi Perkantoran Kelas A
Resume pengantar manajemen part 2 – manajemen di era perubahan drastic
Prinsip manajemen adalah seni bagaimana kita mengelola sumberdaya baik dari uang, orang, mesin, bahan baku, untuk di Kelola secara efisien dan efektif agar tujuan organisasi bisa tercapai
Manajemen menjadi penting jika lingkungan external mengsupport organisasi selalu berubah sehingga perubahan yang ada di perubahan external tersebut organisasi bisa juga berubah, persoalannya pun tidak pernah bisa kita prediksi kapan itu akan terjadi , contoh 2 tahun lalu tidak bisa prediksi bahwa aka ada pandemic covid-19 yang bisa merubah lingkungan sosial baik itu di bidang Pendidikan, Kesehatan, ekonomi dan semua kehidupan berubah dan kita harus bisa menyesuaikan dengan kejadian pandemic covid-19 . dan artinya perubahan itu di ibaratkan seperti Turbulent Times , turbulent times itu seperti contoh nya pesawat jika pesawat tenang tiba tiba pesawat tersebut masuk ke turbulent times semacam ruang hampa dan membuat pesawat tersebut tergoncang .
Turbulent times merupakan kejadian yang tidak dapat kita duga kapan akan terjadi
Perubahan Organisasi
1. Pace continues to accelerate ( Kecepatan terus di percepat )
Perubahan akan berlanjut terus dan akan semakin tinggi perubahannya . apalagi dengan kemajuan teknologi misalnya 5 tahun lalu kita tidak pernah terfikir belajar daring seperti sekarang ini dan kemarin kita merasakannya pembelajaran dengan daring yang biasanya kita tatap muka.
2. Change is major source of business risk ( Perubahan adalah sumber utama resiko bisnis )
Perubahan merupakan resiko utama di dalam bisnis , jika anda mempunyai usaha atau bisnis kemudian ada perubahan terkait dengan perubahan selera konsumen jika anda tidak antisipasi dengan cepat maka bisnis anda tergilas
Kenapa muncul seperti perusahaan gojek, grab? Dan marketplace seperti Lazada, Shopee, Tokopedia ?
Karena perusahaan mereka membuat satu perusahaan yang menyesuaikan dengan selera konsumen , jika dahulu internet sering bermasalah maka orang akan memilih untuk mendatangi toko secara langsung tapi sekarang internet semakin maju maka orang orang akan memilih untuk memesan barang secara online . dan penyebab lain adalah jika ada konsumen sedang lapar dan ingin membeli makanan dan kondisi Jakarta sedang macet dimana mana orang akan malas untuk keluar dan pasti memesan makanan secara online
3. Diving forces ( kekuatan menyelam )
- Telekomunikasi zz
- Diversity of workers ( keragaman karya )
Semakin banyak perusahaan perusahaan global , seperti apple, google, Microsoft dan masih banyak lagi , mereka harus membuka cabang cabang di dalam negara maupun di luar negara dan mau tidak mau harus mengrekrut karyawan dari negara asal terbut , mereka harus bekerja sama di dalam satu tim yang membunyai budaya dan latar belakang yang berbeda maka yang akan terjadi adalah keberagaman .
- Public consciousness ( Kesadaran public )
Contoh nya dahulu jika belanja di indomart atau alfamart kita tidak perlu membawa kantong sendiri karena sudah mendapatkan kantong plastik, namun dengan kesadaran public bahwa plastik sangat tidak ramah untuk lingkungan karena sangat sulit untuk di urai/daur ulang maka dari itu sudah tidak dapat kantong plastik lagi dan membawa kantung dari rumah .
- Global martketplace ( Pasar global )
Produk itu tidak hanya beredar di satu negara saja apalagi dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini , seperti jika ingin berjualan awalnya hanya berorientasi pada pasar domestik sekarang dengan ada nya internet produk produk yang anda disply di blog atau website lain nya dapat di kunjungi oleh konsumen yang berada di luar negara juga , tanpa orang tersebut harus membuka toko anda
- Community of stakeholders ( Komunitas pemangku kepentingan )
Community of stakeholders atau biasa di sebut dengan masyarakat yang berkepentingan dengan organisasi atau perusahaan , misal kan perusahaan stakeholders nya adalah supplier ( pemasuk barang ke perusahaan ) , konsumen , karyawan , anggota masyarakat sekitar dan yang lain lain
1. Kekuatan Pendorong = Teknologi
Akibat kemajuan teknologi semakin menyusutkan dunia .
2. Kekuatan pendorong = Keragaman
Meningkatnya keragaman pekerja telah membawa beragam nilai , perspektif, dan harapan berbeda di antara para pekerja
3. Kekuatan pendoronng = Kesadaran publik
Kesadaran public menjadi jauh lebih sensitive dan menuntut agar organisasi lebih bertanggung jawab secara sosial
4. Kekuatan pendorong = Pasar global
Berusaha untuk tetap kompetitif dalam mengahdapi pesaingan global yang semakin ketat
Sudah 3 negara di dunia telah bergabung dengan pasar global untuk menciptakan arena yang lebih luas untuk penjualan dan layanan
5. Kekuatan pendorong = Pemangku kepentingan
Pemangku kepentingan komunitas bertanggung jawab kepada pemegang saham dan focus pada membangun hubungan dengan karyawan pelanggan , teman dan supplier
Sifat manajemen
• Mengatasi beragam tantangan yang luas jangkauannya di masa yang akan datang
Dengan tetap memperhatikan
- Teknologi
- Keberagaman
- Kesadaran publik
- Pasar global
- Meningkatnya ekspetasi dari stakeholders
Pergeseran pola pikir untuk mengendalikan lingkungan turbulence
Manajer di minta untuk
- Bekerja lebih efisien agar hasil nya maksimal
- Melibatkan seluruh karyawan
- Melihat perubahan itu sesuatu yang normal dan wajar
- Perusahaan atau organisasi bisa membangun visi dan nilai yang mampu mendorong Kerjasama diantara anggota organisasi atau karyawan pegawai perusahaan
Making a Difference Today ( Membuat perbedaan hari ini )
Memerlukan perpaduan
- Mencoba dan melatih keterampilan manajemen
- Pendekatan baru yang menekankan
• Sentuhan manusia
• Meningkatkan fleksibilitas
• Melibatkan hati, pikiran dan karyawan
Definisi of management
• Pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan efisien
- Efisien = menghasilkan sesuatu dengan sumber daya yang kita gunakan seminimal mungkin
- Efektif = Perbandingan antara sumber daya yang di butuhkan dengan tujuan yang di capai Berkaitan dengan apakah tujuan itu tercapai atau tidak
Agar tujuan itu dapat kita capai tidak ada cara lain selain mengikuti
Fungsi fungsi manajemen
1. Planning ( perencaaan )
Pilih tujuan dan cara untuk mencapainya
2. Organizing ( mengelola sumber daya )
Menetapkan tanggung jawab untuk penyelesaian tugas
Pertunjukan :
- Pencapaian tujuan
- Kualitas produk
- Kualitas layanan
- Tingkat efisiensi
- Tingkat efektivitas
3. Leading ( memimpin )
Menggunakan pengaruh untuk memotivasi karyawan
4. Controlling ( melakukan pengawasan terhadap tujuan sudah tercapai atau tidak sesuai dengan rencana sebelumnya )
Memantau kegiatan dan melakukan koreksi
Sumberdaya
- Manusia
- Keuangan
- Bahan baku
- Teknologi
- Informasi
fungsi perencanaan
- Definisi
= mendefinisikan tujuan untuk kinerja organisasi masa depan
memutuskan tugas dan penggunaan sumber daya yang dibutuhkan
Fungsi pengorganisasian
* Definisi
- mengikuti perencanaan
- mencerminkan bagaimana organisasi mencoba untuk mencapai rencana
- melibatkan penugasan
* tugas ke dalam departemen
* wewenang dan alokasi sumber daya di seluruh organisasi
Fungsi pengontrol
Definisi
* Memantau aktivitas karyawan
* Menentukan apakah organisasi tepat sasaran terhadap tujuannya
* Membuat koreksi seperlunya
Tren baru
* Pemberdayaan dan kepercayaan karyawan
= melatih karyawan untuk memantau dan mengoreksi diri sendiri
* Teknologi informasi baru memberikan kontrol tanpa batasan top-down yang ketat
kurangnya informasi kontrol dapat menyebabkan kegagalan organisasi
Penampilan organisasi
* Organisasi - entitas sosial yang diarahkan pada tujuan dan terstruktur dengan sengaja
* Efektivitas - sejauh mana organisasi mencapai tujuan yang dinyatakan
* Efisiensi - penggunaan sumber daya minimal (bahan baku, uang, dan orang) untuk menghasilkan volume output yang diinginkan
* Kinerja - kemampuan organisasi untuk mencapai tujuannya dengan menggunakan sumber daya secara efisien dan efektif
Keterampilan manajemen
Pekerjaan manajer
* Complex
* Multidimensional
* Range of skills
keterampilan manajemen
• keterampilan konseptual - kemampuan kognitif untuk melihat organisasi secara keseluruhan dan hubungan antara bagian-bagiannya
•keterampilan manusia - kemampuan untuk bekerja dengan dan melalui orang lain dan untuk bekerja secara efektif sebagai anggota kelompok
•Keterampilan teknis - pemahaman dan kemahiran dalam kinerja tugas-tugas tertentu
Jenis manajemen - horizontal
• Manajer fungsional
- Yang khusus menangani tugas tugas difisi tertentu
- Bertanggung jawab atas departemen yang melakukan tugas fungsional tunggal
Managerial types :
1. Advertising
2. Sales
3. Finance
4. Human resources
5. Manufacturing
6. Accounting
• Manajer umum
- Mangani tugas tugas difisi yang lebih luas
- bertanggung jawab atas beberapa departemen yang menjalankan fungsi berbeda
Managerial types :
1. Self-contained division such as a dillard’s department store
2. Project managers have general management responsibility as they coordinate people across several department
Manager roles
Category = Informational
Role = monitor , disseminator, spokesperson
Category = Interpersonal
Role = figurehead , Leader, Liaison
Category = Decisional
Role = Entrepreuer , Disturbance handler, Resource allocator, Negotiator
Managing In small businesses and nonprofit Organizations
* Perbedaan peran
* Sumber Sumber Daya Keuangan
* Garis bawah yang tidak konvensional
Manajemen dan tempat kerja baru
karakteristik
• sumber daya = bits- information
• kerja = fleksibel,virtual
• pekerja = karyawan yang diberdayakan, agen bebas
Kekuatan pada organisasi
• teknologi = digital, e-business
• pasar = global, termasuk internet
• tenaga kerja = beragam
• nilai nilai = perubahan, kecepatan
• peristiwa = bergejolak, lebih sering krisis
Kompetensi manajemen
* Kepemimpinan = tersebar, memberdayakan
* Fokus = Koneksi ke pelanggan, karyawan
* Melakukan pekerjaan = oleh tim
* Relasi = Kolaborasi
* Desain = Eksperimen, organisasi pembelajaran
Manajemen dan tempat kerja baru
* Kekuatan pada organisasi
* Kompetensi Manajemen Baru
- Kepemimpinan yang tersebar
- Memberdayakan orang lain
- Hubungan kerjasama
- Keterampilan membangun tim
- organisasi pembelajaran
Managing during turbulent times
* Stay calm ( tetap tenang )
* Be visible ( berfikir jauh ke depan )
* Put people before business ( Tempatkan orang sebelum bisnis )
* Tell the truth ( Ceritakan kebenaran )
* Know when to get back to business
( Mengetahui kapan harus balik ke bisnis )
Sumber :
https://youtu.be/3TGZ2u--vVM
Komentar
Posting Komentar