Resume Pengantar Manajemen Part 4 – Apa, Mengapa dan Bagaimana Fungsi Perencanan

 Nama     =  Ayu Wulandari
Nim           =  1709622017
Pendidikan Administrasi Perkantoran Kelas A


Bagaimana Fungsi Perencanaan dalam Manajemen? - Manajemen - Dictio Community

Resume Pengantar Manajemen Part 4 – Apa, Mengapa dan Bagaimana Fungsi Perencanan


Terdapat 4 fungsi dalam perencanaan Manajemen

1.    Perencanaan
2.    Perorganisasian
3.    Pengarahan
Alokasi kan sumber daya yang ada
Bagaimana mengendalikan orang orang untuk melaksanakan sesuatu untuk mencapai tujuan perencanaan
4.    Pengendalian dalam organisasi  ( Controlling )
Pengendalian dalam organisasiiyaitu mengevaluasi hasil akhir sesuai dengan yang di harapkan atau tidak  atau biasa di sebut dengan Controlling. Disini kita dapat tahu permasalahan permasalahan yang ada .

PERENCANAAN

Perencanaan adalah proses pengambilan keputusan tentang apa saja yang harus di targetkan oleh perusahaan . Di dalam perencaaan tugas kita adalah Menyusun program untuk Mencapai tujuan tersebut dari awal
Planning for the Future
Sebagian besar organisasi menghadapi turbulensi dan meningkatnya ketidakpastian
1.    Gejolak ekonomi, Politil, dan sosial = Manajer bertanya bagaimana cara mengatasinya
2.    Minat baru dalam perencaan organisasi

Managerial Planning and goal setting

1.     Proses perencaan
2.    Bagaimana manajer Menyusun atau mengembangkan perusahaan yang efektif
3.    Menentukan tujuan
4.    Jenis jenis perencanaan
5.     Bagaimana pendekatan terbaru terkait dengan fungsi perencanaan
Mengapa sih sebuah organisasi Menyusun perencaan untuk mencapai tujuan ?
1.    Perencaaan itu sebagai dasar jika kita mengambil keputusan
Misalkan seperti mengelola pegawai nya
2.    Perencanaan itu sebagai panduan untuk bertindak
3.    Perencanaan itu sebagai standar kinerja

Goals and plans

•    Goals adalah keadaan masa depan yang di inginkan dan yang di coba di wujudkan oleh suatu organisasi
•    Planning adalah cetak biru yang menentukan alokasi sumber daya, jadwal dan lainnya yang di perlukan untuk mencapai tujuan
•    Perencanaan
Menentukan tujuan organisasi dan cara untul mencapainya
1.    Fungsi manajemen yang paling dasar
2.    Fungsi manajemen yang paling kontroversional

Mission statement

Mission sangat penting karena untuk memberikan pesan terhadap orang lain terhadap organisasi luar kepada masyarakat umum terkait dengan organisasi kita .
Untuk mencapai sebuah misi maka kita membutuhkan strategi
1.    Tujuan / rencana strategis
Manajemen senior
Organisasi secara keseluruhan
2.    Tujuan atau rencana yang menarik
Manajemen menengah ( middle management )
( Devisi manjor , fungsi )
3.    Tujuan atau rencana operasional
Manajemen yang lebih rendah ( Lower management )
( Department , individu )


Benefit for the organizations ( Manfaat bagi organisasi )

•    Logitimacy
1.    Apa itu organisasi – Menunjukan kepada orang lain apa itu stakeholders
2.    Symbolizes legitimacy
Untuk mengetahui apakah organisasi itu formal atau non formal
3.    Identifikasi karyawan dengan tujuan keseluruhan

•    Sumber motivasi dan komitmen
1.    Identifikasi karyawan dengan organisasi
2.    Memotivasi dengan mengurangi ketidakpastian


•    Panduan untuk bertindak
1.    Memberikan rasa arah
2.    Memusatkan perhatian pada target tertentu
3.    Usaha langsung menuju hasil yang penting

•    Alasan keputusan
1.    Pelajari apa yang ingin di capai oleh organisasi
2.    Membuat keputusan untuk memastikan bahwa kebijakan, peran, kinerja, struktur, produk, dan pengeluaran internal akan di buat sesuai dengan hasil yang di inginkan

•    Standar kinerja
1.    Berfungsi sebagai kriteria kerja
2.    Memberikan standar penilaian

Organizational Mission

•    Mission = Alasan organisasi untuk eksis
•    Mission Statement
- Secara luas menyatakan ruang lingkup dan operasi bisnis dasar yang membedakannya dari jenis organisasi serupa
- Dapat mencakup pasar dan pelanggan itu
- Beberapa mau menggambarkan nilai-nilai perusahaan, kualitas produk, sikap terhadap karyawan

Contoh Perusahaan  farmasi
 ( Bristol-Myres squibb Company )
Misi company kami luas dan meningkatkan kualitas kehidupan manusia baik , dengan menyediakan obat obatan yang berkualitas dan produk – produk kesehatan

Dengan ini jika orang mendengar kata Bristol tentu saja orang tersebut akan tahu bahwa itu merupakan perusahaan farmasi , karena misi nya yang jelas yaitu meningkatkan kualitas manusia dengan menyediakan produk produk Kesehatan yang berkualitas

Strategic goals and plans

•    Strategic goals
1.     Apa yang ingin di capai organisasi atau kemana organisasi tersebut akan di arahkan di masa yang akan datang
2.     Berkaitan dengan organisasi secara keseluruhan

•    Strategic plans
1.     Langkah Langkah untuk mencapai strategic goals
2.     Sebagai cetak biru yang di dalam nya menggambarkan aktivitas organisasi dan alokasi sumberdaya
3.     Dibuat untuk jangka Panjang 5 sampai dengan 10 tahun


Tujuan praktis

1.    Menerapkan ke  manajemen menengah
2.    Target atau sasaran berdasarkan target yang di buat oleh masing masing divisi dan departemen utama
Jika di ibaratkan oleh pemerintahan , presiden Menyusun strategic maka para masing masing kementrian harus Menyusun tractical goals


Rencana praktis

1. Rencana yang dirancang untuk membantu melaksanakan rencana strategis utama
2. Lebih pendek dari kerangka waktu dari rencana strategis

Tujuan operasional

1. Hasil yang spesifik dan terukur
2. Diharapkan oleh departemen, kelompok kerja, dan individu

Rencana Operasional

1. Organisasi tingkat yang lebih rendah yang menentukan langkah-langkah tindakan menuju pencapaian tujuan operasional
2. Alat untuk operasi harian dan mingguan
3. Jadwal merupakan komponen penting

Goal attainment

Means-end Chain

•    Operasional yang berada di bidang bawah mengupayakan program program nya untuk bisa mencapai tactical goals
•    Tanggung jawab organisasi
1.    Strategic = Top management
2.    Tactical = Middle management
3.    Operational = 1st Line management and workers

Karakteristik penetapan tujuan yang efektif

1. Spesifik dan Terukur
2. Spesifik dan Terukur
3. Menantang tapi realistis
4. Jangka waktu yang ditentukan
5. Terkait dengan hadiah


Manfaat dan masalah MBO


-Manfaat
1. Upaya manajer dan karyawan difokuskan pada kegiatan yang akan mengarah pada pencapaian tujuan
2. Kinerja dapat ditingkatkan di semua level perusahaan
3. Karyawan termotivasi
4. Tujuan departemen dan individu selaras dengan tujuan perusahaan


- Masalah
1. Perubahan konstan mencegah MBO bertahan
2. Lingkungan hubungan majikan-karyawan yang buruk mengurangi efektivitas MBO
3. Tujuan strategis dapat digantikan oleh tujuan operasional
4. Organisasi dan nilai-nilai mekanistik yang menghambat partisipasi dapat membahayakan proses MBO
5. Terlalu banyak dokumen menguras energi MBO

Single-use Plans

For goals not likely to be repeated
1. Program adalah seperangkat tujuan dan rencana yang kompleks untuk Mencapai tujuan organisasi satu baris yang penting
2. Sebuah proyek mirip dengan program, tetapi umumnya lebih kecil dalam lingkup dan kompleksitas


Standing Plans

For tasks performed repeatedly
1. Kebijakan adalah panduan umum untuk bertindak dan memberikan arahan bagi orang-orang di dalam organisasi
2. Aturan menggambarkan bagaimana tindakan tertentu harus dilakukan
3. Procuderes menentukan serangkaian langkah yang tepat untuk digunakan dalam mencapai pekerjaan tertentu


Contingency Plans

Specific situasions – unexpected conditions
•    Faktor identitas yang tidak dapat dikendalikan
1. Penurunan ekonomi
2. Pasar yang menurun
3. Kenaikan biaya persediaan
4. Perkembangan teknologi
5. Kecelakaan keselamatan

•    Minimalkan dampak dari Faktor yang tidak dapat dikendalikan
1. Memperkirakan berbagai respons alternatif terhadap kemungkinan besar kemungkinan berdampak tinggi

Building scenarios

Terkadang jika kita membuat suatu rencana pasti kita membuat scenario apa yang ingin kita lakukan di masa yang akan datang untuk menyiapkan Langkah Langkah

Perencanaan krisis manajemen
•    Pencegahan
1. Membangun hubungan saling percaya dengan pemangku kepentingan utama
2. Buka komunikasi
•    Persiapan
1. Tim manajemen krisis
2. Rencana manajemen krisis
3. Membangun sistem komunikasi yang efektif

•    Penahanan

Perencanaan di tempat kerja baru
1. Memiliki pernyataan misi dan visi yang kuat
2. Tetapkan tujuan peregangan untuk keunggulan
3. Membangun budaya yang mendorong pembelajaran
4. Rangkullah perencanaan yang digerakkan oleh peristiwa
5. Memanfaatkan gugus tugas sementara


Sumber : 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Pengantar Manajemen Part 5 - Apa, Mengapa, Dan bagaimana fungsi Organizing dalam Manajemen

Cara membuat nasi goreng yang enak dan simple

Resume pengantar manajemen part 3 – Sejarah Perkembangan ilmu manajemen